MENJADI GURU BAHASA ARAB YANG PROFESIONAL

Posted: Mei 10, 2011 in Uncategorized

Oleh sebagian masyarakat guru adalah sebuah profesi yang dipandang sebagai pekerjaan yang mulia dan berwibawa. Namun tidak sedikit masyarakat memandang demikian, ada yang berpendapat guru adalah profesi yang tak lebih dari orang biasa yang bekerja layaknya para pekerja pabrik, pedagang, petani, dll. Namun apapun pendapat mereka guru adalah sebuah profesi yang tidak bisa dipandang sebelah mata dan tidak mudah pula menjalankannya apalagi menjadi guru yang professional. Pengertian professional sendiri dalam kamus pendidikan adalah orang yang melaksanakan profesi yang berpendidikan minimal S1 dan mengikuti pendidikan profesi atau lulus ujian profesi.

Secara umum guru dibagi menjadi 2 (dua) kategori: Pertama, guru pelajaran umum. Kedua, guru pelajaran agama. Guru pelajaran umum diantaranya: Guru IPA, IPS, Matematika, dll. Sedangkan  guru agama diantaranya: feqih, aqidah, Hadist,  dll. Namun ada sebuah mata pelajaran yang bisa dikategorikan pelajaran umum, dan bisa juga dikategorikan mata pelajaran agama. Mata pelajaran tersebut adalah Bahasa Arab. Dikategorikan pelajaran umum karena yang dipelajari adalah bahasa, yang mana bahasa merupakan alat komunikasi antar bangsa. Dikategorikan pelajaran agama karena menurut masyarakat, Bahasa Arab lebih cenderung kepada kategori pelajaran agama. Mungkin dikarenakan Bahasa Arab umumnya hanya dipelajari di madrasah-madrasah. Meskipun pada dasarnya tidak demikian, karena tidak sedikit di sekolah-sekolah umum mata yang mana pelajaran Bahasa Arab juga diajarkan.

Berbicara tentang guru, umumnya kita telah mengetahui tugas pokok dari seorang guru. Tugas pokok seorang guru adalah mengajar, namun dalam mengajar jangan asal mengajar, akan tetapi seorang guru harus bisa menjadi guru yang professional. Namun tidak mudah menjadi seorang guru yang professional apalagi mata pelajaran yang diajarkan merupakan pelajaran yang penting dan membutuhkan keuletan dalam proses penyampaiannya. Misalnya pelajaran Bahasa, tidak mudah menjadi guru bahasa terutama guru Bahasa Arab, karena dari segi kebahasaan dan penulisan huruf tidak sama dengan yang kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi seorang guru Bahasa Arab harus memperkenalkan satu persatu huruf-huruf Arab, setelah itu mengajarkan cara membaca, menghafal kosa kata sampai mengajarkan tata Bahasa Arab. Semua itu harus dilakukan dengan penuh kesabaran dan keuletan.

Sebagai guru Bahasa arab cara penyampaian materi melalui beberapa tahap, diantaranya adalah mengajarkan percakapan, memperdengarkan percakapan bahasa Arab, mengajarkan tata Bahasa Arab, mengajarkan cara mengarang yang baik dan benar, dan tahap yang terakhir praktek membaca kitab berbahasa arab yang tidak disertai harokat (gundul). Dari sini tampak jelas bahwa tidak mudah menjadi  guru Bahasa arab apalagi menjadi guru Bahasa arab yang profesional. Untuk itu agar menjadi guru Bahasa Arab yang profesional kita harus mengetahui tugas-tugas pokok sebagai seorang guru:

  1. Mengajar

Adalah kegiatan yang dilakukan guru dalam mentransfer atau memberikan pengetahuan dan informasi sebanyak-banyaknya kepada siswa dengan pedoman dan petunjuk yang sudah ditetapkan.

  1. Mendidik

Adalah memberi contoh, tuntunan, petunjuk, keteladanan bagi siswa.

  1. Melatih

Adalah kegiatan yang dilakukan guru dalam membimbing, memberi contoh yang berkaitan dengan gerakan, ucapan, dan perbuatan lainnya.

  1. Menilai/Mengevaluasi

Adalah kegiatan yang dilakukan guru untuk mengukur tingkat keberhasilan proses belajar mengajar di kelas.

Secara ringkas dapat dikemukakan disini bahwa indikator keprofesionalan seorang guru bisa dilihat dari berhasil tidaknya guru dalam mendidik peserta didiknya. Jika peserta didiknya mengalami peningkatan dalam prestasi belajar, maka guru tersebut layak dikategorikan sebagai guru yang professional. Namun apabila peserta didiknya tidak mengalami peningkatan dalam prestasi belajar, maka guru tersebut belum layak dikategorikan sebagai guru yang professional.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s