Menyelami Rahasia Nama-Nama Allah yang Indah (1)

Posted: Mei 18, 2011 in Uncategorized

Allah

هوالله

Lafal Allah berasal dari kata ilah yang merupakan kata jenis yang diberikan untuk semua sembahan, baik yang benar mauun yang batil, tetapi kemudian hanya diperuntukkan kepada sesembahan yang benar (yang merupakan kata jenis yang diberikan untuk semua sembahan, baik yang benar maupun yang batil, tetapi kemudian hanya diperuntukkan kepada sesembahan yang benar (haq) saja. Adapun Allah adalah kata nama yang tertentu bagi sesembahan yang haq, dan tidak diberikan kepada yang lain. Ia merupakan kata jadian yang berasal dari kata ialaahah, atau uluhah, atau uluhiyyah, yang semuanya berarti “ibadah”, hanya saja disini kata itu diartikan sebagai ma’bud (yang disembah).

Adapun pendapat yag mengatakan bahwa jalaalah ini berasal dari kata alaha yang berarti tahayyana (binggung), sebab Allah SWT membikinkan akal dan pemahaman menjadi binggung memikirkan keadaan-Nya.

Pendapat lain mengatakan bahwa kata Allah itu berasal dari kata aliha yang artinya “senang” atau “menaruh kepercayaan kepada-Nya”, sebab hati menjadi tenteram dengan mengingat-Nya, dan jiwa menjadi tenang dengan mengenal-Nya. Dan masih banyak lagi pendapat lainnya.

Allah adalah nama yang diberikan kepada Dzat yang maujud dan haq, yang mengumpulkan segala sifat-sifat ketuhanan, yang disifati dengan segala sifat rububiyah, yang munfarid dengan wujud hakiki, sebab semua wujud selain Dia tidak mustahaq untuk menjadi ada dengan sendirinya, melainkan keberadaannya bergantung kepada-Nya.

Allah adalah nama yang mengumpulkan makna semua nama dan hakikat-Nya, dan merupakan Dzat yang disembah secara haq. Dia tidak membutuhkan kepada siapapun, malahan yang lainnyalah yang butuh kepada-Nya.

Faedahnya

Ketahuilah, bahwasanya (Allah) ini adalah seagung-agung asma yang jumlahnya Sembilan puluh Sembilan, seperti yang diberitahukan oleh al-Turmudzi, sebab ia menunjuk kepada Dzat yang mengumpulkan sifat-sifat uluhiyah seluruhnya, hingga tidak ada sesuatupun yang menyendiri. Sedangkan asma lainnya tidak menunjukkan ketunggalannya kecuali ketunggalan arti yang berhubungan dengannya-berupa ilmu, kekuasaan, ataupun perbuatan. Ia pun termasuk asma khusus yang tidak diberikan kepada selain Dzat yang maha suci dan Maha agung, baik secara hakiki maupun kiasan. Sebaliknya, asma yang lain terkadang diberikan juga kepada yang lain-Nya, seperti Qaadir, ‘Aliim, dan Rahiim.

Diantara keistimewaan lafal Allah itu ialah, bahwa lafal lainnya disandarkan keada-Nya, misalnya Allah ar-Rahmaan ar-Rahiim, atau Allah as-Samii’ al-Bashiir, dan lain-lain. Sedangkan dia tidak disandarkan kepada yang lainnnya; tidak dikatakan, misalnya, Al-Qaadir Allah atau Ar-Rasyiid Allah.

Seyogyanya, dalam setiap beribadat dengan ism ini, seseorang hamba harus mencurahkan segenap pikiran dan kemauannya semata-mata kepada Allah SWT, tidak melihat kepada yang lain dan tidak menoleh kepada selain-Nya, serta tidak mengharap dan tidak takut kecuali kepada-Nya.

Rasullah Saw bersabda :

Baid sastra yang paling benar dalam satra Arab adalah ucapan labid :

Ketahuialah, segala sesuatu selain Allah adalah batil.

Khasiatnya :

Barang siapa membaca isim ini secara rutin setiap hari sebanyak seribu kali, dengan ucapan Ya Allah ya huu, niscaya Allah akan mengkaruniakan kepada orang itu kesempurnaan keyakinan. Barang siapa membacanya pada hari Jum’at sebelum shalat, dalam keadaan yang suci dan bersih pakaiannya, serta bebas dari segala kesibukan, maka Allah akan memudahkan segala permintaannya. Jika orang itu menderita suatu penyakit yang sulit disembuhkan oleh dokter, lalu ia berdoa kepada Allah dengan ism ini, niscaya ia akan sembuuh dengan izin Allah, selama ajalnya belum tiba.

Sumber : Menyelami Rahasia Nama-Nama Allah yang Indah, karya al-Ustadz Mamud samy

Iklan
Komentar
  1. widiagroup berkata:

    NUMPANG INFO YA BOS… bila tidak berkenan silakan dihapus:-)

    LOWONGAN KERJA GAJI RP 3 JUTA HINGGA 15 JUTA PER MINGGU

    1. Perusahaan ODAP (Online Based Data Assignment Program)
    2. Membutuhkan 200 Karyawan Untuk Semua Golongan Individu (SMU, Kuliah, Sarjana, karyawan dll yang memilki koneksi internet. Dapat dikerjakan dirumah, disekolah, atau dikantor.
    3. Dengan penawaran GAJI POKOK 2 JUTA/Bulan Dan Potensi penghasilan hingga Rp3 Juta sampai Rp15 Juta/Minggu.
    4. Jenis Pekerjaan ENTRY DATA(memasukkan data) per data Rp10rb rupiah, bila anda sanggup mengentry hingga 50 data perhari berarti nilai GAJI anda Rp10rbx50=Rp500rb/HARI, bila dalam 1bulan=Rp500rbx30hari=Rp15Juta/bulan
    5. Kami berikan langsung 200ribu didepan untuk menambah semangat kerja anda
    6. Kirim nama lengkap anda & alamat Email anda MELALUI WEBSITE Kami, info dan petunjuk kerja selengkapnya kami kirim via Email >> http://entrydatabase.blogspot.com/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s